Sejarah dan Arti Ranking Alexa Di Mata Para Pembisnis Online

Sejarah Alexa Ranking Memiliki Ranking alexa dengan jumlah digit yang sedikit merupakan kebanggaan tersendiri, selain itu juga menjadi incaran buat para pemasang iklan atau adverstiser buat memasang iklan produknya di website / blog kita. Dalam arti financialnya "Uang akan mengejar anda"

Perhitungan Alexa Rank mengunakan sebuah sistem yang akan mengkombinasikan rata - rata visitor suatu situs perhari dan jumlah halaman suatu website yang dibuka oleh visitor. Suatu website yang berada di tingkat alexa tertinggi mempunyai Alexa Rank "1" jadi dalam artian semakin kecil berarti semakin bagus Alexa ranking nya.

Karena blog ini bukan merupakan blog spesial yang membahas tutorial blog,seperti cara meningkatkan ranking alexa,(lagian Wanz bukan jagoan dibidang tersebut, hehe.. dan di tambah sudah banyak master2 yang membahas hal tersebut) maka yang akan saya bahas kedepannya adalah Sejarah berdirinya Alexa.com.. (Amat sedikit dan hampir tidak ada yang membahas mengenai sejarah Alexa akan tetapi terdapat berjuta2 netter yang mengunakan widget dari Alexa..)

Oce singkat saja, Situs Alexa.com yang kita kenal ini didirikan oleh Brewster Kahle dan Bruce Gilliat pada tahun 1996 dengan nama perusahaannya ALexa Internet,Inc yang dipilih sebagai penghormatan kepada "Library of Alexandria" (sebuah perpustakan kuno di Mesir yang mungkin terbesar dan terkenal di dunia). Selain itu ALexa dapat di artikan sebagai Address Look-Up Experts Authority

Dengan harga $250 juta oleh Raksasa perusahaan Amazon.com pun mengakuisisi alexa dan menjadikan nya sebagai anak perusahan dari Amazon. Dalam pembelian tersebut Amazon.com telah melenceng jauh dari visi awalnya yaitu sebagai mesin pencari yang "pintar"

Dalam beberapa tahun belakangan Alexa Internet telah beberapa kali menganti kemitraannya (Google , Open Directory Project) dalam menyajikan hasil yang lebih baik lagi, baru lah di tahun 2006 mereka mulai mengunakan Search Platform sendiri.

Belakangan ini, 31 maret 2009, ALexa.com menuntaskan mendesain ulang dan sistem metrik termasuk : Pageviews per User, Bounce Rate dan Time on Site. lalu menambahkan fitur baru : Demographics, Clickstream dan Search Traffic stats.

Dan siapa yang mendapatkan peringkat pertama menurut Alexa.com?

Tentu saja sebuah situs yang tidak asing buat anda Google.com kemudian di ikuti oleh Yahoo! , Youtube kemudian di posisi ke 4 yaitu website baru2 ini meledak dan terkenal di Indonesia "Facebook" , Akan tetapi alexa sendiri tidak memberikan ranking pada dirinya sendiri. Tidak ada data yang tercatat yang bisa anda dapatkan saat anda mengetikkan keyword "Alexa.com" di situs alexa.com. Apakah alexa takut akan tidak objektif nya hasil yang di kemukannya atau alexa malu dengan peringkatnya? (mungkin ga ya? :D )

Nb: Artikel ini boleh dicopy paste kan di blog anda untuk mendukung ranking alexa anda akan tetapi amat di hargai bila anda turut mencantumkan link ini di dalam artikel.

Tags:

Sharing is sexy

Related posts

13 komentar for this post

  1. Saya tidak tahu mau nulis comentar di mana atas blog Anda. Bagus, variatif dalam segi bahasan. Namun saya kalau boleh usul, gimana kalau buat saja 1 domain. Lalu bahasan yang satu nafas, bisa dikelompokkan jadi satu sub domain? Ini hanya saran lho. Di samping itu domain sendiri banyak manfaatnya, apalagi traffic blog Anda ini sudah bagus.

    http://www.darmanpurba.com

  2. @ Darman Purba
    Tq atas sarannya.. Sedang menunggu proses menuju domain sendiri.. ;;)

  3. ow jadi semakin sedikit digitnya berarti semakin baik yah rankingnya.
    terima kasih infonya
    salam mancing

  4. INfo yg bagus...
    sekalian bahas cara mempertahankan&menaikkan Alexa donk Mas..
    Thanks b4.. :D

  5. aku juga mendaftar alexa,
    tapi rankingnya jauh sekali, hahah
    makanya tidak kutampilkan :p

  6. saya baru buat Blog Untuk SEO dua bulan lalu dan ALexa ranknya masih rata2. mudah2an cepat naik.

    Tapi jujur baru kali baca historynya "lady" ALEXA. Sangat informatif! Thanks ya sudah berbagi.

    Best SEO

  7. ada gak artikel bwat naikin rank alexa..?

  8. @ Tomi Utomo and Aerokid
    jika kita melihat cara perhitungan alexa rank mengkombinasikan antara jumlah visitor dengan jumlah halaman yang di baca , maka sudah jelas untuk menaikkan rank alexa harus banyak2 mencari traffic dan membuat artikel yang di minati oleh orang2..

    @Best Seo
    Mantap bro, blog yang baru berusia 2 bulan sudah mencapai rank seperti itu.. rank alexa gue malah belakangan ini turun..

    @Deny
    jangan berkecil hati, justru W4nz sengaja menampilkan rank agar bisa memacu diri untuk mengejar rank yang lebih baik lagi.. target sih 100.000.

  9. emang mantap alexa, saya ingin buat web seperti itu.. tapi minim desain, hehe..

  10. jadi alexa dah berdiri lama ya....

  11. Hmmm.. kirain dulu kalo alexa banyak berarti bagus.. ternyata terbalik ya :-)

  12. yang paling penting untuk meningkatkan ranking alexa adalah dengan cara membuat postingan yang baru. Jangan lupa diakhir postingan disisipkan alamat alexa..siapa tahu itu bisa sedikit "merayu" alexa agar mau meningkatkan nilainya

    Bolehngeblog

Leave a Reply