Bodoh VS Pintar Ala Bob Sadino


| The Best Automotive News | Smart Business Solutions | Trendy Fashion And Jewelry
|Health Living Solution | CNG - NGV Natural Gas Vehicle |

Dikutip dari Milis TDA

Sebuah Ukuran yang tepat mengenai bodoh dan pintar bagi setiap orang pasti berbeda- beda. Kali ini mari kita melihat pandangan Pak Bob Sadino mengenai Bodoh dan Pintar yang seseorang dari kacamata Entrepuener/wiraswasta.

1. Terlalu Banyak Ide -
Orang "pintar" biasanya banyak ide, bahkan mungkin telalu banyak ide, sehingga tidak satupun yang menjadi kenyataan. Sedangkan orang "bodoh" mungkin hanya punya satu ide dan satu itulah yang menjadi pilihan usahanya

2. Miskin Keberanian untuk memulai -
Orang "bodoh"biasanya lebih berani dibanding orang "pintar", kenapa ? Karena orang "bodoh"sering tidak berpikir panjang atau banyak pertimbangan. Dia nothing to lose. Sebaliknya, orang "pintar"telalu banyak pertimbangan.

3. Telalu Pandai Menganalisis -
Sebagian besar orang "pintar"sangat
pintar menganalisis. Setiap satu ide bisnis, dianalisis dengan sangat
lengkap, mulai dari modal, untung rugi sampai break event point. Orang "bodoh"tidak pandai menganalisis, sehingga lebih cepat memulai usaha.

4. Ingin Cepat Sukses -
Orang"Pintar" merasa mampu melakukan berbagai hal dengan kepintarannya termasuk mendapatkahn hasil dengan cepat. Sebaliknya, orang "bodoh" merasa dia harus melalui jalan panjang dan berliku sebelum mendapatkan hasil.

5. Tidak Berani Mimpi Besar -
Orang "Pintar" berlogika sehingga bermimpi sesuatu yang secara logika bisa di capai. Orang "bodoh"tidak perduli dengan logika, yang penting dia bermimpi sesuatu, sangat besar,
bahkan sesuatu yang tidak mungkin dicapai menurut orang lain.

6. Bisnis Butuh Pendidikan Tinggi -
Orang "Pintar"menganggap, untuk berbisnis perlu tingkat pendidikan tertentu. Orang "Bodoh" berpikir, dia pun bisa berbisnis.

7. Berpikir Negatif Sebelum Memulai -
Orang "Pintar" yang hebat dalam analisis, sangat mungkin berpikir negatif tentang sebuah bisnis, karena informasi yang berhasil dikumpulkannya sangat banyak. Sedangkan orang "bodoh" tidak sempat berpikir negatif karena harus segera berbisnis.

8. Maunya Dikerjakan Sendiri -
Orang "Pintar"berpikir "aku pasti bisa mengerjakan semuanya", sedangkan orang "bodoh" menganggap dirinya punya banyak keterbatasan, sehingga harus dibantu orang lain.

9. Miskin Pengetahuan Pemasaran dan Penjualan -
Orang "Pintar" menganggap sudah mengetahui banyak hal, tapi seringkali melupakan penjualan. Orang "bodoh" berpikir simple, "yang penting produknya terjual".

10. Tidak Fokus -
Orang "Pintar" sering menganggap remeh kata Fokus. Buat dia, melakukan banyak hal lebih mengasyikkan. Sementara orang "bodoh"tidak punya kegiatan lain kecuali fokus pada bisnisnya.

11. Tidak Peduli Konsumen -
Orang "Pintar" sering terlalu pede dengan kehebatannya. Dia merasa semuanya sudah Oke
berkat kepintarannya sehingga mengabaikan suara konsumen. Orang"bodoh"?. Dia tahu konsumen seringkali lebih pintar darinya.

12. Abaikan Kualitas -
Orang "bodoh" kadang-kadang saja mengabaikan kualitas karena memang tidak tahu, maka
tinggal diberi tahu bahwa mengabaikan kualitas keliru. Sednagnkan orang "pintar" sering mengabaikan kualitas, karena sok tahu.

13. Tidak Tuntas -
Orang "Pintar" dengan mudah beralih dari satu bisnis ke bisnis yang lain karena punya banyak kemampuan dan peluang. Orang "bodoh"mau tidak mau harus menuntaskan satu bisnisnya saja.

14. Tidak Tahu Pioritas -
Orang "Pintar" sering sok tahu dengan mengerjakan dan memutuskan banyak hal dalam waktu sekaligus, sehingga prioritas terabaikan. Orang "Bodoh"? Yang paling mengancam bisnisnyalah yang akan dijadikan pioritas

15. Kurang Kerja Keras dan Kerja Cerdas -
Banyak orang "Bodoh" yang hanya mengandalkan semangat dan kerja keras plus sedikit kerja cerdas, menjadikannya sukses dalam berbisnis. Dilain sisi kebanyakan orang "Pintar" malas untuk berkerja keras dan sok cerdas,

16. Mencampur adukan Keuangan -
Seorang "pintar" sekalipun tetap berperilaku bodoh dengan dengan mencampuradukan keuangan pribadi dan perusahaan.

17. Mudah Menyerah -
Orang "Pintar" merasa gengsi ketika gagal di satu bidang sehingga langsung beralih ke bidang lain, ketika menghadapi hambatan. Orang "Bodoh" seringkali tidak punya pilihan kecuali mengalahkan hambatan tersebut.

18. Melupakan Tuhan -
Kebanyakan orang merasa sukses itu adalah hasil jarih payah diri sendiri, tanpa campur tangan "TUHAN". Mengingat TUHAN adalah sebagai ibadah vertikal dan menolong sesama sebagai ibadah horizontal.

19. Melupakan Keluarga -
Jadikanlah keluarga sebagai motivator dan supporter pada saat baru memulai menjalankan bisnis maupun ketika bisnis semakin meguras waktu dan tenaga

20. Berperilaku Buruk -
Setelah menjadi pengusaha sukses, maka seseorang akan menganggap dirinya sebagai seorang yang mandiri. Dia tidak lagi membutuhkan orang lain, karena sudah mampu berdiri diats kakinya sendiri.

Tags: ,

Sharing is sexy

Related posts

60 komentar for this post

  1. menurutku orang pintar itu bijaksana karena banyak ilmu dan banyak pengalaman walaupun pengalaman orang lain yang diperolehnya melalui membaca.

    kalau banyak referensi gini, orang pintar gak bakalan sok kan?

    oh, kalau pingin pintar cari uang. cobain yang ini
    dapat job review tanpa menunggu

  2. Gokil banget ni artikel,..........
    semoga aku menjadi golongan yang " pIntar"

  3. OB

    wah, jd nambah ni motivasi nge-blognya. thanks infonya :D

  4. wedew... kok dianggap itu sih =))

  5. So bagusan jadi orang pinter apa bodoh nya? :))
    :D

  6. kalo gitu saya monya jadi orang "samar eh smart " aja deh....
    sy bisnis pot coba kunjungi http://baliprada.blogspot.com

  7. Anonim

    jadi mending pinter mending bodoh?

  8. ada ajah

    bagus gw suka sama blog ini . wkwkwk . banyak betulnya boss dari pada nga nya .gokill .gw merasa gw .....

  9. haduuuh.. kok puyeng ya memahaminya. maklum saya orang bodoh. tapi gak apa2 deh asal bisa masuk surga. bisa gak ya? hiks.. (kormakyu)

  10. bagus banget postingannya.numpang kopas ya gan di blog saya

  11. Murudul

    waduh parah2 mndingan jadi orang bodoh yang pintar deh haha . kasian nih orang pinter ga gitu2 juga kali

  12. wahhh..bener....pernyatan km....
    orang pinter banyak ide karna bnyak ide malah ngk bisa menjadi kenyataan....he..he....krna tinggi idex X...

  13. Anonim

    tapi banyakan orang pintar juga yang sukses lo... artikel ini hanya memberi semangat bagi yang bodoh kakakakakakka ***peace peace ...

  14. intinya cuma satu dong...asal semua nilai - nilai yang diatas dimiliki oleh siapapun maka berhasil entah dia bodoh atau pintar karena seorang bodoh yang sukses sebenarnya dia pintar.dimana letak kebodohannya?

  15. @ Imron46
    Setubuh, upps setuju.. yang ingin di jelaskan oleh bob sadino mungkin cara berpikir manusia.. dan mengunakan orang bodoh dan pintar sebagai perumpaannnya.. Bukan kah Bodoh dan Pintar itu relatif.. bodoh di sekolah dan pintar di olahraga? so termasuk golongan manakah dia?

  16. saya setuju dengan artikel di atas. saya kira pintar vs bodoh di sini adalah pemikiranya. meskipun dia sarjana, tapi kalo menerapkan pemikiran orang bodoh ala di atas akan TOP banget.

  17. poe

    mendingan jadi orang beruntung, haha, semua orang hebat kalah ama orang beruntung

  18. orang "pintar" terlalu banyak baca sehingga waktunya habis di kursi, orang "bodoh" tdk sempat banyak baca karena bisnisnya semakin maju.

  19. intinya kesuksesan ada pada ide seseorang, tidak hanya sekedar nilai bagus.... he he he he he

  20. SHELLY NDESO

    KEREN BWT ARTIKEL NA , 1 LAGI ORG BODOH BIASA NA MW LEBIH KERAS INGIN MAJU , TETAPI ORANG BODOH JUGA TDK MENYADARI JG BAHWA ORANG BODOH ADL ORG YANG CERDAS....

  21. Artikel yang sangat menarik nih...ada beberapa yg bagus untuk sebuah motivator diri...

    Sy adalah orang bodoh yang ingin bertambah bodoh hehe... monggo mampir di http://cozythings.blogspot.com... Silahkan di berikan pendapat ya agan-agan sekalian :shakehand

  22. SETIAWAN "MISKIN TAPI SOMBONG"

    bob benar aku juga sperti orang pintar yang punya banyak rencana tapi gagal dan sering gonta ganti usaha,dan gak pernah bisa fokus pada usaha,sering mencampurkan adukan keuangan,dan menganggap mudah persoalan dan akhirnya kwalahan, mending GUE JADI ORANG BODOH AJA YAA.........
    "ni aku sedang usaha ternak ayam,biro jasa,servis hp,ada waktu kosong semir sepatupun aku lakukan,tapi semua gagal ayam ngak terawat pada mati,pengguna jasa ndak percaya lagi krena mungkin aku terlalu menganggap sepele,

  23. Anonim

    bob sadino ,,is the best ,keren banget sumpah.

  24. wah mantab bro, ini menjadi motivasi buat menjadi pengusaha

  25. karseen

    q salut ma pmikran bob sadino q sering motivasi dy d radio dayfm jakarta, tp skrang pndh tmpt jd g bsa lg

  26. rully

    rully
    bagus infonya untuk memberikan input positif bagi umat manusia yg ingin hidup lebih baik dan mapan.

  27. dhael

    Waahh keren nih artikel, berarti kita mesti tau kapan waktu pintar kapan waktu bodoh.

  28. Anonim

    hore..ilmuku nambah manehh..enak kan dadi wong goblok timbang dadi wong pinter...kakean mekerr..benerjare om bob trim's..

  29. nama: andru
    sumpah ini namanya forum simple yang bermakna, saya saja yang bodoh langsung tahu maksut 20 pointnya om bob.
    banyak baca banyak lupa, sedikit baca sedikit lupa
    heheh salut..

  30. dinoe. r

    mantap om bob....emang selama kita disekolah terlalu bnyk teori aja.... cb kalo di indonesia di dirikan sekolah2 yg mddk siswa utk berkembang sesuai bakatnya mulai dr SD,SMP,SMA... wah pasti mantap.

  31. Anonim

    makanya jadi orang jangan terlalu pinter, nanti "masuk tv loh" kayak "mereka"
    Kebanyakan orang pintar itu jadi karyawan(dokter itu juga karyawan loh...) dan orang bodoh itu jadi pengusaha yang bisa mempekerjakan orang pinter
    kan ada singkatan MATEMATIKA=MAkin TEkun MAkin TIdak KAruan
    Bersyukurlah kalian yang bodoh karena kalian akan lebih sukses dari orang pintar
    tapi ingat, dua perbedaan di atas itu kalau orangnya sama-sama waras ya...
    Baynak belajar, banyak yang lupa. Sedikit belajar, sedikit yang lupa. Tidak belajar, tidak ada yang lupa
    Jadilah orang bodoh yang pinter, jangan jadi orang pinter yang bodoh

  32. Intinya pada sikap kita dalam menanggapi sesuatu
    bukan berarti orang bodoh itu positif dan menjadi pintar itu negatif

    saat ini fokus pada suatu hal itu biasanya yang lebih penting :)

  33. Anonim

    Setuju bob Sadino.., Keberanian sangat penting dalam melakukan segala hal.Kadang di perlukan "berjudi" dalam melakukan tindakan (dalam arti tidak konyol, tetap berpikir sebatas kemampuan kita).
    dan satu hal, kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi, jadi Otak tidak bisa memprediksi hasil akhir, karena ada campur tangan Tuhan dalam setiap perjalanan.
    Terlalu banyak menganalisa (apalagi di campur sok Tahu),
    berjalan seimbang dengan rasa takut yang semakin meningkat. dan pada akhirnya tidak melakukan apa2.
    parahnya lagi otak akan berpikir segala sesuatu semakin sulit dan sulit.. (seperti membangun tembok untuk setiap tindakan).

    Terima kasih .. om Bob.. :)
    -Monx-

  34. Anonim

    ini artikel membela org bodoh kali y...
    klo gitu bwat apa qt belajar klo tetap org bodoh yg lebih sukses...

  35. orang pintar pasti akan membaca blog diatas untuk sebagai acuan,tapi orang bodoh tidak,kenapa?karena orang bodoh yakin dia pasti bisa menyamai seperti OM BOB iloveombob

  36. Cretoz

    Matur nuwun.bodoh n' pintar itu relatif.trgantung sudut pandangnya.yg pntg dlm usaha adlah tindakan nyata.gk prlu byk cingcong

  37. Bob Sadino, Like This.....

  38. saya masuk yang mana???
    masa orang pinter??
    ya sudah saya juga bakal belajar jadi orang goblok kaya om bob dah....
    Nice Artikel

    http://twokanggrafis.blogspot.com/

  39. Anonim

    setuju!!yakin sama tuhan dan keyakinan bahwa semua manusia pada dasrnya semua punya kenmampuan yang dasyat

  40. Nice om bob,, sgt inspiratif !!

  41. Anonim

    .... pintar itu merasa tidak tahu apa-apa

  42. ORANG PINTAR, MINUM TOLAK ANGIN..

  43. Gen

    Smoga ane masuk orang "bodoh"
    hhehehe

  44. Setuju...,selama kita sekolah,doktrin yang dijejalkan di otak kita adalah menjadi pintar dan kalau sudah waktunya dapat pekerjaan yang bagus dan berpenghasilan tinggi,yang tanpa kita tahu ternyata yang menggaji kita adalah orang yang pendidikan formalnya rendah,bahkan betul kalau diistilahkan eyang bob"bodoh!!!"

  45. Setuju...,selama kita sekolah,doktrin yang dijejalkan di otak kita adalah menjadi pintar dan kalau sudah waktunya dapat pekerjaan yang bagus dan berpenghasilan tinggi,yang tanpa kita tahu ternyata yang menggaji kita adalah orang yang pendidikan formalnya rendah,bahkan betul kalau diistilahkan eyang bob"bodoh!!!"

  46. Anonim

    perlu dibagi jenis bisnisnya, bisnis dalam skala besar atau kecil. kalo skala besar memang perlu pertimbangan yang matang, analisa, dampak lingkungan, tenaga kerja, tapi kalo cuma jual gorengan atau warung makan, ternak ayam cuma 100 ekor yang ga perlu lah analisa, BEP 2 an yang rumit, asalkan ada modal beres. tapi setahu saya memang om bob dulu punya banyak uang, jadi wajar lah kalo dulu mulainya asal2 dan ga perlu analisa2 an, waktu rugi pun dia masih punya banyak uang untuk melanjutkan usahanya. tapi bagaimana kalo modal pas 2 an?? ap ga perlu analisa meski kecil2an. kalo sekarang dia sudah jadi besar dengan jangka waktu yang cukup lama wajar karena minim analisa. tapi bagi proyek bisnis besar n akan menyangkut banyak tenaga kerja apa akan tanpa analisa. jadi disni kita perlu kritis agar tidak salah jalan dan akhirnya bangkrut. ingat kata Tzunsu kenali dirimu sendiri, kenali musuhmu, kenali alam sekitar. maka kamu akan memenangkan seribu pertempuran.

  47. Anonim

    Aku sih tetep mau jadi orang pintar ah.......!!!
    Aku nggak mo pake celana pendek n kaos kemana2.......qi qi qi

  48. kata-kata yg menarik,,,,,

  49. gak bosen" mampir di blog ini... lumayan bisa jadi motivasi

  50. blog keren, 2 golongan tersebut dikombinasikan dan saling melengkapi. intinya saya ingin jadi orang sukses.

  51. terkadang menjadi pinter membuat kita lupa diri dan lupa dari mana kita berasal, orang bodoh yang berada dari bawah tidak pernah mengenal rasa takut dan dia gila, namun dengan kegilaannya itu lah yang membuat orang pintar terpaksa harus menelan ludahnya sendiri yang pahit, dan orang bodo menyadari bahwa dirinya berasal dari bawah, seingga ia tidak heran jika harus kembali ke asalnya

  52. Anonim

    Orang pintar bisa menciptakan microsoft & jd org terkaya di dunia kayak bill gates.
    Sementara orang bodoh cuma bisa jd pengusaha sukses doang di indonesia kayak si tua bob sadino.
    Bagi yg milih jd orang bodoh, di indonesia ini sangat minim yg bisa beruntung kyak bob sadino.
    Kbanyakan orang bodoh jd tukang tempel ban, tukang becak

  53. Mohon maaf sebelumnya, postingan tentang diatas menurut saya tidak 100% benar. karena acuan yang diambil dari konsep pemikiran "pintar" diatas tidak mewakili semua orang pintar. malah lebih ke orang pintar yang memliki prilaku buruk saja, karena orang apabila memang "pintar" menurut saya tidak akan melakukan kesalahan kesalahan diatas. memang terlalu memperhitungkan dan menganalisis tidak baik. namun apabila menjalankan sebuah bisnis tanpa melakukan perhitungan dan analisis akan jauh lebih berbahaya untuk perkembangan bisnis itu sendiri. melakukan analisis memang butuh waktu. yang menjadikan seseorang akan lebih terlambat dalam membuka sebuah peluang usaha. namun paling tidak hal tersebut lebih menjamin jalannya usaha tersebut, sedangkan bila tanpa melakukan perhitungan dan analisis memang lebih cepat dalam membuka suatu usaha, tapi apakah usaha tersebut akan berdiri dengan kokoh? terimakasih.

  54. Anonim

    Tinggal pilih saja ngga usah banyk komentar. mau jadi orang bodoh yang bebas waktu dan uang, apa jadi orang pintar yang terikat waktu dan gaji.

  55. mending jadi orang bejo aja dah,, tanpa banyak memikirkan sesuatu, melainkan memimpikan sesuatu,, nanti juga satu persatu impianya datang sendiri..............!!!!!!!!

  56. bagaimana cara mengundang om bob menjadi pembiccara ?

  57. Mantap gan..sukses slaluuuuu

  58. Nice Info Gan

    Kunjungi Juga Blog ane

Leave a Reply