Kasus Bencana Alam Terdahysat di Dunia


| The Best Automotive News | Smart Business Solutions | Trendy Fashion And Jewelry
|Health Living Solution | CNG - NGV Natural Gas Vehicle |

Bencana alam terjadi tidak lepas dari ketamakan dan keegoisan manusia yang tidak menjaga lingkungannya. (misalnya banjir dan tanah longsor ) akan tetapi bencana alam bisa juga merupakan konsekuensi dari bahaya alam (misalnya letusan gunung berapi, gempa bumi) yang bergerak dari potensi ke tahap yang aktif, dan sebagai hasilnya akan mempengaruhi kegiatan manusia. Dalam beberapa kasus bencana tersebut telah mengakibatkan hilangnya jutaan jiwa.

Daftar kasus bencana alam dari jumlah korban yang meninggal :

1. Banjir Sungai Kuning - 1931, Cina [meninggal: 1000000 - 4000000].
The 1931 banjir Sungai Kuning (huang he flood)merupakan bencana alam terbesar yang pernah tercatat dengan paling banyak memakan korban meninggal dunia dari abad kedua puluh . Perkiraan jumlah orang tewas dalam banjir 1931 berkisar dari 1 sampai 4 juta orang. Kematian yang disebabkan oleh banjir yang dimaksud termasuk didalamnya korban karena tenggelam, penyakit,kelaparan, dan kekeringan.Sungai tersebut sering disebut "China's sorrow" karena jutaan orang telah dibunuh oleh banjir.gambar dibawah adalah pengungsi akibat banjir sungai kuning




2. Banjir Sungai Kuning - 1887, Cina [meninggal: 900000 - 2000000]
Sungai Kuning (Huang he) di China banyak wilayah yang rawan banjir, karena luas bentangan tanah datar yang sebagian besar di sekelilingnya. Sungai Kuning 1887 banjir dan menghancurkan daerah ini, antara 900.000-2.000.000 orang meninggal dunia. Ini merupakan salah satu bencana alam yang paling banyak memakan korban yang pernah tercatat.
Pada 1887,dasar laut naik, bersamaan dengan hujan deras,menyebabkan banjir besar.Berkat dataran rendah di dekat kawasan, banjir menyebar dengan cepat di seluruh Cina Utara, yang meliputi perkiraan 50.000 mil persegi, swamping pertanian permukiman dan pusat komersial. Setelah banjir, dua juta orang hilang tempat tinggal.


3.Badai siklon Bhola - 1970, Bangladesh [meninggal: 500000 - 1000000]
bhola cyclone atau di sebut badai siklon yang memukul Pakistan Timur (sekarang Bangladesh) pada 12 November, 1970. Itu adalah badai siklon dengan kematian terbanyak yang pernah terjadi, dan salah satu deadliest bencana alam di masa modern. Hingga 500.000 orang kehilangan nyawa dalam badai, terutama akibat banjir yang melanda badai banyak yang lebih rendah dari pulau-pulau Delta Ganges. Pemerintah Pakistan yang telah dikritik hebat untuk penanganan operasi bantuan yang mengikuti badai, baik oleh para pemimpin politik lokal di Pakistan Timur dan di media internasional.
badai yang intensif menjadi parah berhubung dgn topan badai pada 11 November, dan mulai berbelok ke arah timur laut karena mendekati kepala teluk. Yang jelas mata dibentuk dalam badai, dan pernah mencapai puncaknya yang kemudian hari dengan angin yang berkesinambungan dari 185 km / h (115 mph).gambar dibawah adalah dampak badai


4. Gempa bumi shaanxi - 1556, Cina [meninggal: 830000]
tahun 1556 gempa bumi Shaanxi atau gempa Hua County adalah gempa bumi terbanyak memakan korban yang pernah tercatat, membunuh sekitar 830.000 orang. Hal ini terjadi pada pagi 23 Januari 1556 di Shaanxi, Cina. Lebih dari 97 negara yang terpengaruh. 520 mil luas kawasan telah hancur dan di beberapa negara, enam puluh persen penduduk dibunuh. Sebagian besar penduduk di daerah yang tinggal di yaodong,gua di tebing, banyak yang runtuh selama terjadinya bencana, dengan hilangnya nyawa.
berdasarkan data geologi, besarnya gempa berkisar 8 scala righter.merupakan gempa bumi yang paling mematikan dan bencana alam deadliest kelima dalam sejarah, telah terjadi gempa bumi yang lebih tinggi dengan magnitudes. Terus gempa susulan yang terjadi beberapa kali dalam sebulan untuk setengah tahun.


5. Badai siklon India- 1839, India [meninggal: 300.000 +]
Pada tahun 1839, gelombang air pasang besar disebabkan oleh Siklon, puluhan pelabuhan di kota Coringa yang tidak seluruhnya dibangun kembali; 20.000 kapal di teluk yang hancur dan 300.000 orang meninggal. Ini bukan pertama malapetaka besar terjadi di Coringa: 1789 dalam tiga gelombang yang disebabkan oleh topan yang hancur kota pelabuhan di muara sungai yang Ganges. Kebanyakan kapal yang kelem dan diperkirakan 20.000 orang tenggelam.


6.Banjir Kaifeng - 1642, Cina [meninggal: 300000]
Kaifeng, sebuah kota di provinsi Henan timur, People's Republic of China, yang terletak di sepanjang selatan dari Sungai Kuning, adalah banjir di 1642 oleh tentara Ming dengan air dari Sungai Kuning untuk mencegah pemberontak petani dari Li Zicheng. Kira-kira setengah dari 600.000 penduduk Kaifeng dibunuh oleh banjir dan bencana kelaparan dan sampar, membuatnya menjadi salah satu penyebab kematian terbesar dalam sejarah. Banjir ini menjadi bencana alam besar karena peran serta sungai Huang he.


7. Gempa Bumi Tangshan - 1976, Cina [meninggal: 242000]
Gempa bumi Tangshan merupakan salah satu yang gempa bumi terbesar pada zaman modern, dalam hal kematian terbanyak. Dari pusat gempa bumi yang telah gempa bumi di dekat Tangshan di Hebei, Cina, sebuah kota industri dengan sekitar satu juta penduduk. Gempa bumi dipagi hari, di 03:42:53.8 waktu setempat (1976 27 Juli 19:42:53.8 UTC), dan berlangsung selama sekitar 15 detik. Pemerintah Cina mencatat kekuatannya gempa sekitar 7,8 pada skala Richter, meskipun beberapa sumber daftar mencatat8,2. Itu adalah gempa pertama dalam sejarah terkini.


8. Kegagalan bendungan Banqiao - 1975, Cina [meninggal: 231000]
Bendungan bang1iao dirancang untuk menahan banjir(306 mm (12 inci) curah hujan per hari). Pada bulan Agustus tahun 1975,terjadi banjir, penuangan lebih dari satu tahun curah hujan dalam 24 jam, prakiraan cuaca yang gagal untuk diprediksi. Gerbang pintu air yang tidak mampu menangani luapan air, sebagian karena halangan sedimentasi. Sebagai hasil dari halangan, 64 dam-dam gagal.
Ketika bendungan akhirnya menyerbu, itu disebabkan gelombang besar, 10 kilometer (6 mil) luas, 3-7 meter (9-23 kaki) tinggi, buru-buru ke bawah ke dalam dataran di bawah di hampir 50 kilometer per jam (31 mph ).hampir puluhan daerah panjang 55 kilometer, lebar 15 kilometer, dibuat sementara sebagai danau besar 12.000 km ² (4.600 mil persegi). Evakuasi yang belum sepenuhnya disampaikan karena kondisi cuaca buruk dan komunikasi


9. Gempa bumi Samudra Hindia - 2004, Samudra Hindia [meninggal: 230000]
tahun 2004 gempa bumi Samudra Hindia, yang dikenal oleh masyarakat ilmiah sebagai gempa bumi Sumatera-Andaman, adalah di bawah gempa yang terjadi di 00:58:53 UTC (07:58:53 waktu lokal) 26 Desember 2004, dengan pusat gempa bumi di bagian pantai barat Sumatera, Indonesia. Gempa dipicu serangkaian tsunami di sepanjang pantai yang paling landmasses diperbatasan Samudera Hindia, membunuh orang dalam jumlah besar dan inundating masyarakat pesisir.
Besarnya gempa pada awalnya dicatat sebagai 9,0, namun telah meningkat menjadi 9,1 dan 9,3. Pada tingkat ini, ia adalah gempa kedua terbesar yang pernah tercatat pada seismograf. cukup besar yang menyebabkan seluruh dunia ikut bergetar sebanyak setengah inci, atau lebih dari satu sentimeter. Gempa ini yang juga mengakibatkan terjadinya Tsunami di Aceh.


10. Gempa bumi Aleppo - 1138, Syria [meninggal: 230000]
Aleppo terletak di sepanjang bagian utara Laut Mati, yang merupakan batas lempengan yang memisahkan Arab plat from the african plat. Gempa bumi ini adalah pertama dari dua konsekuensi dari gempa bumi hebat di wilayah itu: Oktober 1138 hingga Juni 1139 dan yang lebih berat dari serangkaian September 1156 sampai Mei 1159.
Kawasan yang paling menderita adalah Harim. Sumber menunjukkan bahwa kastil yang jatuh dan gereja telah hancur. Fort dari Atharib, kemudian diduduki oleh Muslim, telah hancur. Benteng yang juga runtuh, membunuh 600 dari penjaga istana, meskipun gubernur dan beberapa orang selamat, dan melarikan diri ke Mosul.

Ada Tips dan trik dari beberapa sumber yang bisa teman terapkan saat berada di lokasi gempa
baca disini: Gempa Bumi? Apa yang harus saya lakukan??

Tags: ,

Sharing is sexy

Related posts

31 komentar for this post

  1. khoirunnisa RM

    nggak ach..
    seru kok..
    Banyak pengalaman laGheeee....

  2. Anonim

    wah.........bagus banget.aku jadi salut.tetapi masih ada saudara kita yang masih banyak yg mndrita.

  3. Anonim

    ih , artikel yg tidak memuaskan !

  4. TaMi

    :-0 oh my god

  5. aduh,,,,!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    seremmmm!!!!!!!!!!!!!!!11
    sabar ajach deh...............

  6. andien

    emot.a bguuuus ..

  7. Anonim

    aduh.......
    q jd merinding!!!!!!!

  8. Anonim

    WAH ...........MENYADHKN BGT..............

  9. Anonim

    Kini saatny manusia hrs sadar bahwa bencana itu peringtn Tuhan...LAKUKAN YG TERBAIK.Cintailah alam kita.

  10. yuyun

    sabar ja dech bagi yang nerima cobaan darinya!

  11. http://pondok-cerita.blogspot.com/2009/01/bencana-alam-terdaysat.html

  12. sepertinya pernah menyimak di suatu tempat..uhm

  13. Hallo All Salam kenal

  14. thanks infonya ya...

  15. krisna log

    mari kita sama2 melindungi alam demi anak cucu kita nantinya

  16. @ krisna log

    Mari gan :snakehand.. kita mulai dari hal2 kecil dulu seperti membuang sampah pada tempatnya..

  17. iseng-iseng buka blog ini dari kaskus gan...
    kebetulan baru belajar buat blog dan semacamnya...
    nanti kalo bingung, saya tanya-tanya ya... hohoho

  18. :ngakak ijin kopas ya gan

  19. Anonim

    http://i49.tinypic.com/11w4hox.jpg
    :takut

  20. cho

    kalau bukan kita yang bertanggung jawab atas alam kita, siapa lagi...??? nice post bro!!!

  21. gempa bumi paling serem :takut mengingatkan peristiwa gempa jogja 27 mei silam. ane langsung ngacir keluar hehe

  22. serem gannn,,,
    sabar aja gan semua ini pasti ada hikmanya
    :berduka

  23. Anonim

    kok gempa bumi di aceh(tsunami) gk termasuk dari yang terdasyat?????????????

  24. semoga kita selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa

  25. khanifah bieber girl

    pkok.a bkin tgas gw cpet selesai
    sru dech.....

  26. kok gempa bumi di aceh(tsunami) gk termasuk dari yang terdasyat?????????????


    ane juga heran gan, kenapa gempa n tsunami aceh gak msuk, padahal kan banyak banget tu korbannya, bukan cuma di Indonesia yg jadi korban, beberapa negara lain juga ikut kena imbasnya.

Leave a Reply