Gempa Bumi.. Apa yang harus saya lakukan??

Gempa bumi adalah sebuah misteri Tuhan yang tak seorang pun yang dapat memprediksikan dengan pasti kapan datangnya sebuah bencana alam. Akhir-akhir ini setelah Gempa bumi yang menguncang Taksimalaya, singgah kembali di Padang. Sebuah peristiwa yang tidak di harapkan kembali merengut ribuan korban jiwa.

Kepanikan dan ketidaktahuan langkah-langkah apa yang harus di lakukan saat gempa itu terjadi juga menjadi faktor penambah korban jiwa. di mana banyak orang secara spontan berusaha pindah dari posisi semula tanpa menyadari bahaya di sekitar.

"Drop, Cover an Hold On" sebuah alternatif lama dari Amerika untuk hadapi gempa bumi dan di akui keefektifannya dalam melindungi diri selama gempa berlangsung.

Taktik ‘Drop, Cover, and Hold On’ adalah sebuah taktik standar yang umum diajarkan ke penduduk daerah-daerah yang rawan gempa di Amerika Serikat. Beberapa daerah di Amerika Serikat melatih siswa sekolah untuk melakukan taktik ini sebagai persiapan menghadapi bencana gempa.

Drop, Cover, Hold On Gambar di samping adalah sebuah contoh dari taktik " Drop, Cover ,Hold On" Saat gempa terjadi segeralah merangkak dan berlindung kemudian memegang kuat benda tersebut.. ingat selalu melindungi bagian kepala anda dengan kedua tangan jika anda tidak menemukan benda untuk perisai diri..



Kemudian ada juga alternatif lain yang muncul " Triangle of life" atau di sebut segitiga kehidupan dari Doug Copp, Kepala Penyelamat dan Manajer Bencana dari American Rescue Team International (ARTI), Tim penyelamat paling berpengalaman di dunia.

Triangle Of Life Secara sederhana, saat bangunan runtuh, langit-langit akan runtuh menimpa benda atau furniture sehingga menghancurkan benda-benda ini, menyisakan ruangan kosong di sebelahnya. Ruangan kosong ini lah yang saya sebut "segitiga kehidupan".
Semakin besar bendanya, maka semakin kuat benda tersebut dan semakin kecil kemungkinannya untuk remuk. Semakin sedikit remuk, semakin besar ruang kosongnya, semakin besar kemungkinan untuk orang yang menggunakannya untuk selamat dari luka-luka.

Doug Copp menganggap " Drop ,Cover and Hold On" bisa menjadi berbahaya saat ada beban berat yang menimpa anda dari atas. Triangle of life jg menuai kontroversi seperti bagaimana mengetahui dengan jelas ruang segitiga yang akan terbentuk saat gempa? dan saat gempa berlangsung banyak benda2 yang berat besar yang akan bergerak dan mungkin menjepit anda jika anda berlindung di sampingnya.


Walaupun demikian, Rocky Lopes (Palang Merah Amerika Serikat) juga berpesan bahwa taktik “Drop, Cover, and Hold On” cocok untuk daerah Amerika Serikat karena lebih sesuai dengan standar kontruksi pembuatan bangunan yang dianut Amerika Serikat. Dan taktik ini belum tentu sesuai dengan kondisi pada negara lain.(yang kurang mengambil berat hal di bagian kontruksi bangunan) Indonesia termasuk bukan ya??

Tentu saja setiap alternatif memiliki segi kelemahannya.. Beda situasi memerlukan tindakan yang beda pula. Maka itu pikirkan hal (alternatif) yang terbaik untuk kondisi dan situasi anda. "Stay Cool , Think Quickly and Pray" Berusaha untuk tenang saat gempa , berpikir cepat untuk bertindak dan kemudian Berdoa, menjadi suatu alternatif yang penting juga.

Untuk membantu anda, ada langkah-langkah dan tindakan yang pasti harus perhatikan saat gempa :

Lindungi Kepala Anda.
Pastikan kepala anda terlindungi. Cari helm , bantal apapun benda yang dapat melindungi bagian kepala anda. Agar dapat mengurangi efek cedera seperti kesempoyongan , pendarahan, kehilangan kesadaran jika ada benda yang menimpa anda.

HIndari Pengunaan Tangga Apalagi Lift
Jika anda berada di lantai cukup tinggi (lantai 4 ke atas)maka hindari pengunaan tangga apalagi lift untuk menyelamatkan diri. Tangga cocok untuk situasi kebakaran akan tetapi berbahaya jika di gunakan saat gempa karena tangga merupakan kontruksi yang paling lemah.

Jaga Pernafasan Anda
Saat terjebak dalam bangunan runtuh,pastikan anda tidak menghirup debu,cobalah untuk bernafas melalui pakaian. Agar nantinya anda tidak sesak ataupun kekurangan oksigen.

Jangan Sia-Siakan Tenaga Anda.
Berteriak bak kesetanan hanya membuat anda makin panik dan putus asa. Saat anda terjebak /tertimbun di bawah bangunan yang runtuh.. Simpan napas dan energi anda, berteriaklah sekencang-kencangnya saat mendengar penyelamat sudah dekat.

Beri Tanda Mencolok
Usahakan memberi tanda SOS di tempat anda terjebak runtuhan.. Buat tanda-tanda adanya manusia / korban di dalam runtuhan. Seperti menyelipkan pakaian , baju, celana di tempat yang mungkin terlihat oleh tim penyelamat. Tidak dapat di pungkiri juga dompet , jam tangan , hp atau benda berharga lebih menarik perhatian.

Tags:

Sharing is sexy

Related posts

19 komentar for this post

  1. info yang bagus sekali.. tapi kadang kalau sudah panik lupa semua ya.. ingetnya cuma kabur :D

  2. @jimmy
    yup betul jg.. di saat panik kita hanya bertindak sesuai insting dan kebiasaan.. maka dari itu harus sering di baca2 dan di pratekan biar tercopy di alam bawah sadar kita..

  3. wah makasih tips penyelamatan diri nya

  4. ny

    thanks infonya :V

  5. Anonim

    http://i46.tinypic.com/303d2s8.jpg owww...tpi gmana kalau tidak yakin kalau tips di atas dak sesuai dengan keadaan bangunan yang runtuh.......

  6. tanks banget... buat tugas jg boleh di ambil kan...:shakehand

  7. Anonim

    Boleh juga di coba. Tapi kalo lagi gempa bumi. He...3x
    :-V

  8. Anonim

    nuhun pisan infona. ijin untuk dishare ya!

  9. pardy 007

    yaaaaa kya'x bagus juga ya
    tapi giman kalo semuanya runtuh dong?????

    keman kita heheheheh.............??????

  10. wah makasih ni lumayan buat tugas ipa

  11. Anonim

    haturnuhun pisan ya .. infonya ...

  12. Mas ato mbak, point kedua kan:
    Hindari Pengunaan Tangga Apalagi Lift
    Lha.. kalo lagi berada di lantai 41 gimana mas/mbak?? mosok pasrah siy...
    Mohon jalan keluarnya... maturnuwun..

  13. okk...
    semoga bermanfaat..

  14. Anonim

    "Hindari Pengunaan Tangga Apalagi Lift", lha iyo, trus mau pose gimana pas gempa?? Ngumpet di bawah meja nya masih bisa apa nggak?
    Kalo soal turun mungkin maksudnya suruh kreatif kali ya... Sapa tau ada balkon yang bisa dijangkau atau apa gitu..... makanya "Stay Cool , Think Quickly and Pray".. Xd

  15. Anonim

    wahhhhh....
    tips yang bagus, makasih.

  16. tips yang sangat bermanfaat sekali gan..

Leave a Reply