Simbol ANKH / Crus Ansata

Simbol ANKH dapat mewakili kehidupan selamanya(keabadian) dan kematian, laki-laki dan perempuan, keseimbangan. Bisa juga mewakili semangat, sukacita kehidupan, dan energi.

Dalam bahasa Mesir Kuno, ANKH berasal dari kata Ê ¿ná ¸ yang artinya makna kehidupan. Hal ini disebut juga CRUX ANSATA, bahasa Latin dari cross-with-a-handle

Ketika Kaisar Roma Constantine diklaim mempunyai visi kematian di luar tembok Yerusalem ia menjadikan simbol dan hukuman mati (salib) identik dengan Kekristenan; Simbol Constantine dibuat dari pedang dan tombak, suatu tanda yang dapatdi buat oleh tentara, dan kaum non-Kristen untuk belajar membenci dan takut akan kekejaman yang berkaitan dengan simbol ini selama lebih dari seribu tahun.

Sepintas lalu simbol ini mirip dengan salib dalam ajaran kaum Nasrani. Tapi tidak. Gambar ini sama sekali tak ada hubungannya dengan salib. Ankh merupakan salah satu simbol kekuatan terdahsyat dari dunia mistik hitam. Bila ditelusuri sejarahnya, Ankh berasal dari mistik Mesir kuno. Pada masa itu Ankh dipergunakan dalam upacara pemujaan RA, dewa matahari Mesir kuno yang diyakini sebagai wujud lain dari setan. Ra juga dianggap sebagai pencipta alam semesta dan disembah oleh orang-orang Mesir kuno. Lingkaran di atas kepala adalah gambaran matahari.

Ankh juga merupakan simbol reinkarnasi. Namun konsepnya berbeda dengan pengertian ajaran Budha dan Hindu. Dalam ajaran Mesir kuno, Ankh bermakna sebagai keabadian hidup. Syarat utama untuk menggunakan simbol ini, orang-orang Mesir kuno diwajibkan mempersembahkan kesucian para gadis perawan dalam sebuah pesta ritual yang menyeramkan.

Teori lain berpendapat bahwa ANKH simbolis dari matahari terbit, dengan lingkaran yang naik di atas cakrawala. Sumber lain dapat anda baca disini dan disini

Tags: , ,

Sharing is sexy

Related posts

1 komentar for this post

Leave a Reply