Masa Keemasan Facebook dan Twitter Segera Berlalu

Perubahan sudah menjadi hal wajib di zaman apapun, sapapun itu akan menjadi usang jika mencoba mengikarinya, terutama di bidang internet. Teknologi yang berkembang pesat dan rasa yang tidak pernah puas dari manusia, yang selalu ingin dan ingin lebih lagi, menjadikan persaingan lebih ketat. Sapa yang tidak mengenai facebook dan twitter dijaman sekarang ini. Kedua Social Network tersebut di perkirakan akan mendapat lawan yang kuat jika tidak terus berinovasi memperbaiki diri untuk memenuhi dahaga manusia yang tidak mengenal kata puas.

Calon-Calon penghancur masa kejayaan facebook dan twitter:

Pushee

Pushee adalah aplikasi social push notification yang dibuat untuk Android. Buat kamu yang sudah biasa dengan cara kerja push notification di iPhone, maka kamu bakal girang karena Pushee menawarkan hal yang sama di Android bahkan dengan keunggulan plus: nda bikin batre boros!

Sekarang ini Pushee masih terbatas untuk Facebook dan Twitter, tapi kabarnya di tahun 2011 bakal melebarkan sayap ke berbagai situs jejaring sosial lainnya.

Broadcastr

Masih banyak orang yang bingung dengan Broadcastr ini. Bahkan situs Broadcastr sendiri tidak menjelaskan secara detail tentang apa yang mereka tawarkan. Mereka cuma nulis, ““We tweet. We blog. We YouTube. We connect on Facebook. What about our voices?”

Mengutip press release Broadcastr yang ditulis oleh PRNewswire, Boradcastr menjelaskan fiturnya sebagai media micro-podcast berbasis peta lokasi yang bisa menghubungkan siapa pun dan di manapun selama masih di bumi. Wah, keren ya? Yang jadi pertanyaan, apa koneksi internet kita di Indonesia sudah mumpuni untuk fitur-fitur canggih seperti ini? Wong leletnya minta ampun!!!

Kamu bisa langsung memasukkan alamat email kamu di sana dan mengirim request agar di-invite. Broadcastr membatasi hanya 100 pengguna baru dalam sehari.

MyCube

Versi beta dari MyCube baru akan diluncurkan di bulan Januari 2011 nanti. Mycube ini situs jejaring sosial yang mengutamakan keamanan bagi penggunanya. Keunggulan mereka katanya dalam hal security dan privacy pengguna yang dijaga ketat.

MyCube bahkan sudah mengeluarkan “Vault” yang sudah bisa didownload. “Vault” ini adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan kamu untuk mengamankan data online kamu di Facebook dan Google dengan cara melakukan back up data dan langsung menyimpannya di komputer kamu. Walaupun penggunaannya agak ribet sih.

Jumo

Buat kamu yang pengen mengubah dunia, inilah situs jejaring sosial yang tepat buat kamu. Jumo bukan sekedar jejaring sosial yang menawarkan pertemanan tapi memiliki satu misi khusus yaitu: tempat ngumpulnya orang-orang yang punya keinginan untuk melakukan perubahan pada dunia.

Misalnya kamu yang berharap korupsi diberantas di Indonesia, kamu yang marah dengan pengrusakan hutan atau hal-hal lainnya yang berhubungan dengan membuat dunia menjadi lebih baik. Diperkirakan Jumo akan menjadi saingan terberat Facebook dan Twitter tahun depan.

Kita liat saja.

Sukses buat kau ya, Jumo!

Memolane

Saya sudah dapat invitasi untuk bergabung di Memolane tapi belum sempat gabung karena sibuk membuat prediksi hasil pertandingan Indonesia vs Malaysia walaupun saya belum berpikir untuk menjadikan ‘dukun bola’ sebagai profesi sampingan. Yang jelas, Memolane ini adalah situs jejaring sosial yang sangat unik karena bisa menjadi tempat kamu membuat semacam biografi online. Memolane memang fokus pada unsur memorial penggunanya. Asik kan?

Fasilitasnya juga lumayan lengkap. Kamu bisa sharing foto, rekaman audio (lagu, pidato, presentasi) dan konten-konten lainnya. Memolane kabarnya bahkan sudah terintegrasi sama berbagai situs terkenal: Twitter, Facebook, Flickr, Picasa, Foursquare, Spotify dan masih banyak lagi. Jadi foto-foto kamu yang berceceran di berbagai situs jejaring sosial di internet bisa kamu satukan dalam satu tempat: Memolane.

Diaspora

Kamu mungkin sudah mendengar banyak ulasan dan komentar tentang Diaspora. Diperkirakan Diaspora akan mengalahkan Facebook di tahun depan dan bahkan mungkin juga membunuhnya sekaligus!

Tapi saya belum nyoba main di Diaspora jadi saya belum bisa kasih opini pribadi soal situs ini. Yang jelas, sudah sering diulas di internet bahwa Diaspora menjaga privasi penggunanya lebih ketat dibanding Facebook. Baca saja slogan mereka, “Share what you want, with whom you want.”

Sayang sekali sampai sekarang Diaspora masih dalam tahap pengembangan ‘private alpha’. Kamu harus me-request supaya di-invite. Saya juga penasaran dan barusan memasukkan alamat email saya di halaman utama situs Diaspora.

Nah, itulah 6 situs calon pembunuh Facebook dan Twitter yang diperkirakan bakal mulai mengganas di tahun 2011. Tidak ada yang bisa memprediksikan apakah dengan dikeroyok seperti ini Facebook bisa mati atau tidak. Tapi setidaknya Facebook harus cepat-cepat mempersiapkan jurus pamungkas terbaru!

Selamat menantikan acara bunuh-bunuhan antara situs jejaring sosial di tahun depan!

Tags:

Sharing is sexy

Related posts

0 komentar for this post

Leave a Reply