Benarkah Sariawan Karena Kekurangan Vitamin C?

Sariawan bisa terasa ringan, tapi bisa juga menyengsarakan. Gara-gara luka kecil berwarna putih di bibir, bahkan lidah, gusi, dan langit-langit mulut ini, orang jadi tak enak makan, sulit bicara, dan badannya jadi panas dingin.

Dalam istilah medis, sariawan disebut stomatitis aphte reccurent, yaitu peradangan atau luka pada mukosa (daerah lunak di dalam rongga mulut). Bentuknya bisa berupa luka kecil hingga diameter satu sentimeter. Dari tampilannya, sariawan terbagi atas tiga tipe, yaitu minor, mayor, dan tipe mirip herpes. Sariawan minor memiliki diameter maksimal sekitar satu sentimeter, tipe mayor lebih besar lagi. Untuk tipe herpes, kecil-kecil tapi banyak.

Umumnya sariawan ditandai rasa nyeri seperti terbakar dan seringkali menyulitkan penderitanya untuk menelan makanan, dan sariawan bisa menyerang siapa saja, termasuk anak usia dua tahun.

Benarkah Sariawan itu di sebabkan karena kekurangan Vitamin C?

Selama ini banyak orang menganggap, sariawan timbul karena kekurangan vitamin C. Bahkan, ada orang yg percaya, sariawan bisa diobati dengan menempelkan tablet vitamin C atau cabai yg memang kaya akan vitamin C. Anggapan itu harus diluruskan. Kekurangan vitamin C tidak menyebabkan sariawan, tapi radang gusi atau gingivitis.

Ada beragam penyebab sariawan. Bisa karena tergigit waktu makan, luka saat sikat gigi, alergi makanan (misalnya rujak, nanas, cabai), atau infeksi bakteri. Infeksi di saluran pencernaan juga bisa memicu sariawan. Meski yang terganggu sistem pencernaan, wujudnya di rongga mulut dalam bentuk sariawan.

Ketidakseimbangan hormon juga bisa memicu sariawan. "Misalnya wanita yang sedang menstruasi, kondisi hormonalnya mengalami perubahan. Nah, saat itulah sariawan bisa timbul

Berita baiknya, sariawan bisa sembuh sendiri secara alami dalam waktu 4-7 hari.

Sumber: kaskus id luciferion

Tags:

Sharing is sexy

Related posts

7 komentar for this post

  1. Nice tips. Secara saya masih gaptek neh.

  2. kalo saya biasa kebanyakan vitamin c malah jadi sariawan.. contohnya kalau makan banyak sekali jeruk / mangga, biasanya suka jadi sariawan..

  3. @ Jimmy

    berarti tidak terbukti donk vitamin c bisa mengobati sariawan. Agan sendiri malah sariawan kalo banyak makan jeruk.

    Tq dah sumbang pengalaman pribadinya. toss

  4. @ Secangkir teh dan sekerat roti.

    Salam hanget jg., nicknya keren banget. terbayang2 jadinya... toss

  5. sariawan memang menggangu banget. thanks buat infonya.

  6. sangat menyiksa kalau lagi stomatitis itu,, makan juga pedih,,,

Leave a Reply