Sejarah Permainan Monopoli Kontroversial


| The Best Automotive News | Smart Business Solutions | Trendy Fashion And Jewelry
|Health Living Solution | CNG - NGV Natural Gas Vehicle |

Logo MonopolyTentunya anda pernah memainkan permainan MONOPOLY tersebut sewaktu kecil bahkan sekarang pun masi memainkannya. Permainan tersebut amat di kenal dan digemari bahkan para ahli financial amat menyarankan anda untuk memainkan permainan tersebut. Bahkan R.Kiyosaki (Cashflow) dan Donald Trump (Trump the game) ikut2an mematenkan permainan seperti itu hanya saja dengan kelas yang lebih berbeda..

Yah, permainan monopoly adalah permainan yang sudah mendunia, tidak saja anak2 kecil yang pantas memainkannya, para remaja dan anak dewasa juga larut dalam permainan tersebut.. Perputaran uang di dunia nyata di terapkan didalam permainan ini. Para pemain berlomba-lomba mengumpulkan kekayaan melalui penyewaan dan pertukaran properti dalam sistem ekonomi yang disederhanakan..


Setiap pemain melemparkan dadu secara bergiliran untuk memindahkan bidaknya, dan apabila ia mendarat di petak yang belum dimiliki oleh pemain lain, ia dapat membeli petak itu sesuai harga yang tertera. Bila petak itu sudah dibeli pemain lain, ia harus membayar pemain itu uang sewa yang jumlahnya juga sudah ditetapkan. Dan jika pemain sudah mencapai kembali di petak dimana permainan di mulai, maka pemain menerima Uang dari Bank dengan jumlah yang di sepakati..

Asyik bukan? seperti itu juga kehidupan kita, bekerja keras setiap hari untuk menerima gaji pada waktunya.. kemudian uang tersebut di gunakan untuk membeli asset yang nantiny akan menghasilkan arus kas untuk kita.. Semakin banyak asset yang anda beli maka semakin kaya pula anda... (Alasan ini lah yang membuat para pakar financial menganjurkan permainan monopoli)
"Anda ingin tahu bagaimana caranya Kaya cobalah bermain monopoly"

Ternyata sejarah permainan monopoli memiliki cerita kontroversialnya mengenai siapa pemilik hak paten yang sesungguhnya.. Mari kita ikutin jalan cerita munculnya permainan Monopoli ini :

The Landlord game-Jauh sebelum Charles Darrow mematenkan permainan monopoli ini, Sudah ada permainan yang seperti monopoli ini. Permainan ini dinamakan The Landlord's Game (Permainan Tuan Tanah) di ciptakan oleh Elizabeth Magie di tahun 1904

- Ide Magie menciptakan permainan ini berharap dapat mempermudah menerangkan prinsip2 Georgism, sistem yang di usulkan oleh Henry George, bagaimana para pemilik tanah memperkaya diri melalui penarikan sewa tanah mereka.

- Walaupun di patenkan thn 1904 , Permainan ini justru mulai di terbitkan oleh The Newbie Game Company di London tahun 1913 dengan nama Brer Fox an' Brer Rabbit.

- Magie kemudian kembali menjual hak patennya tahun 1935 kepada Perusahaan Parker Brother senilai $500.

Monopoly Charles Darrow- Ternyata di belahan lain , Di awal tahun 1930 Charles Darrow dari Germantown, Pennsylvania yang terkena dampak dari masa depresi hebat yang melanda Amerika, terinspirasi untuk merancang apa saja yang akan dia lakukan jika suatu saat nanti ia menjadi jutawan. Semua gagasan itu di wujudkan dalam permainan. Sebuah permainan uang dengan mengunakan versinya sendiri (Terlepas dari apakah Charles Darrow pernah memainkan permainan The LandLord sebelumnya)

- Sampai tahun 1930 Charles tidak sanggup lagi untuk menangani permintaan yang datang. Ia kemudian menjual hak patennya kepada perusahaan yang sama dengan Magie, yaitu Parker Brother dan menarik royalty untuk tiap permainan yang terjual.

- Pada awalnya Parker Brother sempat menolak dengan berbagai alasan. Salah satu alasan nya adalah sudah ada permainan yang serupa dengan permainan tersebut. Akan tetapi karena melihat tingginya penjualan permainan ini pada hari natal 1934, Parker Brother mulai berubah pikiran.

- Tahun 1935 Permainan Monopoli versi Charles membooming, Magie pun ikut mengklaim hak nya atas penjualan permainan tersebut, Maka Parker Brother kembali memproduksi dan memasarkan permainan tersebut dengan tiga nama yang berbeda , Salah satunya dengan nama The LandLord Games yang sempat terjual beberapa ratus salinan sebelum di hentikan.

- Menjelang tahun 1970,sejarah awal dari permainan monopoli mulai terhapus, Masyarakat lebih mengenal permainan Monopoli yang diciptakan oleh Charles Darrow. Sejarah ini juga diceritakan dalam buku The Monopoly Book: Strategy and Tactics of the World's Most Popular Game, oleh Maxine Brady yang dicetak dalam tahun 1974.

The Billion Dollar Monopoly Swindle- Profesor Ralph Anspach pernah melayangkan tuntutan kepada Parker Brothers mengenai hak tanda perniagaan permainan Monopoly.

-Profesor Anspach juga menerbitkan buku mengenai penyelidikannya dengan judul The Billion Dollar Monopoly Swindle (Penipuan Monopoly Berbilion Dollar) di mana dia menghujahkan sejarah awal permainan Monopoly dan perkembangan permainan tersebut.

-Tuntutan ini berlarutan hingga pertengahan tahun 1980-an dan status perundangan hak milik perniagaan permainan Monopoly tergantung tanpa rumusan. Kini hak tersebut masi dipegang oleh Parker Brother dan mengakui Charles Darrow sebagai pemilik sah permainan monopoly.

- Perlu di ketahui bahwa kini permainan Monopoly adalah merek internasional yang dimiliki Hasbro (Induk dari Parker Brother) dan sudah dijual lebih dari 105 negara dan diterjemahkan dalam 39 bahasa.

Monopoly edisi indonesia
- Kini melalui PT NewBoy Indonesia, kita dapat menikmati permainan monopoli edisi Indonesia. Bertempat di Atrium Plaza Senayan, Monopoly Edisi Indonesia resmi dijual per 1 April 2009. Untuk edisi Indonesia, Hasbro memastikan properti-properti dalam permainan ini memakai nama-nama jalan, fasilitas umum, stasion serta bandara yang ada di Indonesia. Monopoly Edisi Indonesia ini dijual dengan harga Rp 299.900,-

- Pingin ikutan main monopoli tapi ga ada lawan main? Mainkan aja di Monopolylive, anda dapat memainkan secara online, Monopolylive juga menyediakan hadiah buat para pemenang setiap harinya.. So buat anda yang merasa jagoan.. Buruan!!!

- Baca juga bagaimana perjalanan hidup Charles Darrow terinspirasi menciptakan permainan monopoly ini "Jangan Biarkan Impian Anda Padam"

Sumber : Wiki,kompas,monopolylive

Tags: , ,

Sharing is sexy

Related posts

2 komentar for this post

  1. kalo gue bikin permaianan monopoly sendiri dalam rangka lomba itu melanggar hak cipta gak sih ?

    soalnya ada perlombaan buat permainan sendiri , :-o

  2. Terima kasih atas infonya.Salam kenal.nice blog!

Leave a Reply