Plat Mobil Termahal

Benda berharga rupanya tak hanya sebatas emas dan berlian. Di Hong Kong, plat nomor pun menjadi barang yang bernilai tinggi.

Atas nama sebuah peruntungan, para kolektor rela merogoh koceknya berjuta-juta bahkan bermiliar-miliar demi plat nomor yang dianggap bisa membawa hoki. Pada tahun 2006 lalu, Jackie Chan, aktor Hong Kong yang namanya berkibar di Hollywood, misalnya, rela merogoh koceknya sebesar 1,5 juta dolar AS atau sekitar Rp15 miliar untuk plat nomor 123.

Chan sengaja membeli nomor tersebut lantaran sesuai dengan tanggal ulang tahun istri dan anaknya. Sang istri lahir pada 23 Januari, sementara anaknya pada 3 Desember.

Plat bernomor unik dan cantik memang kerap menjadi incaran para kolektor di Hong Kong. Tercatat, nomor-nomor seperti I LOVE U pernah terjual dalam sebuah pelelangan dengan harga 180 ribu dolar AS dan mengalahkan harga untuk plat nomor: HANDSOME, BABYFACE dan MR DVD.

Di Hong Kong, pemerintah wilayah rutin setiap tahunnya melelang nomor-nomor "unik" untuk mengumpulkan uang yang akan disumbangkan untuk kaum miskin.

Belum lama ini, sebanyak 280 plat-plat nomor unik ditawarkan. Sayangnya, proses penjualannya tak terlalu menyenangkan. Sebanyak 30 plat nomor tak bisa mencapai harga pembukaan. Resesi yang kini tengah dihadapi, disebut-sebut sebagai penyenbabnya.

Namun begitu, sebuah plat nomor dengan angka 1234 berhasil terjual dengan harga 46 ribu dolar AS (sekitar Rp460 juta). Dari kegiatan tersebut setidaknya berhasil terkumpul dana sebesar 345 ribu dolar AS.

Hingga saat ini, plat nomor yang mungkin termahal di dunia adalah plat nomor 1, yang terlelang dalam suatu acara amal di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, tahun ini dengan harga 24 juta dolar AS . Pembelinya adalah pengusaha properti terkemuka di Abu Dhabi.

Seandainya indonesia juga menerapkan sistem lelang seperti ini, kan lumayan juga buat APBN. (ant/frm)

Tags: ,

Sharing is sexy

Related posts

3 komentar for this post

  1. OME

    RI 1

    Paling mahal nih dapetinnya hehehe

  2. bener" mahal. buat plat nomor ajah sgitu blm bayar pajaknya.

Leave a Reply