Makna Pertandingan Derby

Buat pecinta sepak bola tentu saja tidak asing dengan kata "derby" yang berarti pertandingan antar klub yang dalam lingkup 1 geografi (bisa juga diartikan dalam satu kota) Pertama kali kata "Derby" dipopulerkan oleh orang Inggris. Otomatis derby tertua ada di Inggris. Kata ini berasal dari pertandingan sepakbola yg ada di kota Derby, di England.

Dulu, kota Derby dan sekitarnya (county/kabupaten) mengadakan pertandingan tahunan antar klub2 yg ada di sana. Sekarang tradisi ini sudah tidak ada lagi.

Pertandingan derby menjadi pertandingan yang panas karena kedua klub mempertaruhkan gengsi masing-masing agar dapat menjadi klub terbaik di wilayahnya.

Selain geografi, lambat laun makna derby berubah menjadi rivalitas antar politik. Contoh: Barcelona vs Espanyol. Barcelona adalah klub yg mewakili penduduk asli kota Barcelona, yang mengaku mereka adalah bangsa Catalan. Espanyol adalah klub yg mewakili penduduk yang mengaku mereka sebagai warga negara Spanyol. Mereka ini pindah ke Barcelona saat Perang Dunia ke-2. Fyi, dalam bahasa Catalunya, Espanyol berarti Spanyol.



Selain rivalitas politik, derby juga bernuansa agama. Skotlandia adalah contohnya. Di kota Glasgow, ada klub Celtic dan Rangers. Celtic mewakili Katolik, Rangers mewakili Protestan. Duel maut ini selalu panas kalau terjadi di sana.
Johnnie Walker(JW) dan Whiskey berasal dari Skotlandia. Dan di sana, minuman itu disebut air kehidupan! Otomastis di jual bebas, hal ini juga yang menambah panasnya dari kedua kubu supporter.



Pertandingan Derby antara Inter Milan vs Ac Milan disebut-sebut sebagai pertandingan yang mewakili lapisan masyarakat ekonomi menengah ke bawah (Milan) dan menengah ke atas (Inter).



Banyak yg meyebut pertandingan Barcelona vs Real Madrid adalah derby. Ini keliru. Pertandingan ini bukan derby, tapi pertandingan dendam kesumat. Partai Barcelona-Real, dan sebaliknya diakui sebagai pertandingan terpanas di planet ini. Apalagi setelah Luis Figo pindah ke Real dari Barca di tahun 2000.



Selain Barcelona-Real, adalah pertandingan panas lain yang bernuansa tradisi. Misalnya, di Meksiko ada pertandingan Guadalajara vs Club America. Guadalajara tidak pernah menampung pemain2 asing. Semua pemainnya dari dulu adalah pemain dalam negeri sendiri. Mirip kasus Persib bbrp tahun lalu. Sedangkan Club America adalah klub milik perusahaan telkom-nya Meksiko, otomatis duitnya kencang dan bisa meng-hire byk pemain2 asing. Pendukung Club America lebih banyak dari Guadalajara.


Siapa pemegang rekor derby terpanas dunia? Boca Juniors vs River Plate.Tanggal 4 April 2004, harian Inggris, The Observer pernah mengadakan survei ttg 50 sporting things you must do before you die. Derby Buenos Aires ini memimpin di nomor 1! Tertulis nomor 1 adalah Watch Boca Juniors Play River Plate in Buenos Aires.

Di Turki, ada derby yg berbasis status social, di kota Istanbul. Ya, partai Fenerbahce vs Galatasaray. Fenerbahce mewakili kaum buruh. Galatasaray mewakili kaum aristocrat yg parlente.Dua supporter klub ini mayoritas muslim. Tapi, uniknya, walau didukung oleh kaum aristocrat, sepanjang pertemuan mereka sejak 1909, Fenerbahce lebih sukses dlm Turkish Battle ini. Mereka pernah menghantam Galatasaray 6-0 di kandang sendiri musim 2003/04 lalu.

Siapa klub yang musuhnya paling banyak di bumi? Sudah pada tau kan? Itu adalah Manchester United. Banyak yg ingin menghantam klub ini. Ini karena mereka sangat dominan satu dekade belakangan ini. Sebenarnya, dari dulu banyak klub2 yg dominan di liga tertentu. Tapi, asal diketahui, United menjadi kekuatan yg menakutkan di saat
internet dan chatting mulai merajalela. Otomatis, makian2 dan gosip2 jahat ttg United pun cepat tersebar ke seluruh dunia, jika dibanding dgn The Dream Team. Milan awal 1990-an. Kesimpulannya: United superior is in the wrong time.




Siapa negara yg paling banyak musuhnya di sepakbola? Jawabannya bukan Brazil, tapi England. Ini wajar karena di sana bercokol pemain2 Chelsea dan United Trus ditambah kesombongan FA yg terus mengklaim berbeda dgn FIFA dan UEFA. Wajar, banyak yg ingin menjatuhkannya.



Supporter paling sangar di dunia adalah hooligan Feyenoord Rotterdam. Mereka tidak segan2 melukai orang di luar kelompok mereka dan menghancurkan fasilitas umum (kks)


Tags: , ,

Sharing is sexy

Related posts

0 komentar for this post

Leave a Reply