Lebih Mengenali Buah Hati Kita

Sebagian besar bayi umumnya mengucapkan "mama" atau sejenisnya sebagai kata pertama yang dikenalnya. Kata tersebut ternyata memang struktur kata yang paling sederhana dan paling mudah dikenali bayi.

Kuncinya pada pengulangan suku kata. Otak bayi merespon pengulangan tersebut dengan sangat baik. Itulah kesimpulan Judit Gervain, peneliti dari University British-Columbia, yang dipublikasikan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences edisi terbaru.

Kesimpulan tersebut diambil setelah Gervain melakukan pemindaian terhadap 22 bayi yang baru berusia 2-3 hari. Kepada bayi-bayi tersebut diperdengarkan sejumlah kata yang mengandung perulangan, seperti mubaba dan penana dan yang tidak seperti mibage dan penaku.

Saat kata yang mengandung bentuk perulangan diperdengarkan, otak bayi di bagian temporal dan frontal kiri bereaksi. Sebaliknya, saat kata yang tidak mengandung perulangan diberikan, tidak ada bagian otak yang memberikan respon dominan.

"Hal tersebut mungkin yang membuat banyak penutur berbagai bahasa tanpa sengaja memiliki daftar kata berulang untuk anak-anaknya," ujar Gervain. Hasil penelitiannya juga sesuai dengan fakta bahwa pusat bahasa pada orang dewasa yang tidak kidal berada di otak kiri.

Jadi, sudah jelas mengapa kata "mama" atau "papa", "tata", "dada", dan sejenisnya paling mudah untuk melatih vokal bayi. Temuan ini juga mengindikasikan bahwa kemampuan untuk mengenali kata yang mengandung perulangan merupakan sifat dasar otak manusia. Sifat inilah yang membuat dapat belajar bahasa ibu secara sistematis dan efisien.

Dan ternyata bayi yang baru lahir hingga berusia antara 3-4 bulan memiliki bahasa bayi yang sama diseluruh dunia. Tidak peduli ras, jenis kelamin dan kebangsaannya. Apakah Indonesia, Amerika, Jepang .. semua bayi itu memiliki bahasa yang sama.

Bahasa bayi, secara tak sengaja ditemukan oleh Priscilla Dunstan yang sejak kecil sudah memiliki bakat unik, yaitu dapat mengingat segala macam suara atau yang dikenal dengan istilah sound photograph. Ketika Priscilla memiliki bayi, dia baru menyadari bahwa ternyata bayi juga berusaha untuk berkomunikasi dengan ibunya. Akhirnya dapat diidentifikasi bahasa bayi setelah seribu bayi diteliti.

Manfaat memahami bahaya bayi anda adalah anda tahu apa yang sedang dirasakan bayi anda, dan anda juga bisa mengerti apa yang bayi anda ingin sampaikan kepada anda melalui cara komunikasi (bahasa bayi) yang umumnya tidak diketahui atau tidak disadari oleh ibu.

Ada lima kata yang dikenal oleh bahasa bayi untuk berkomunikasi dengan orang dewasa yaitu :

NEH (Hungry)
Kata ini agak2 mirip dengan Heh dan Eh .. jadi mesti hati2 mendengarkannya. Jika kita tidak meresponnya dengan baik, maka bayi akan menangis lebih keras.

OWH (Sleepy)
Mungkin kata ini lebih mudah dimengerti karena diucapkan oleh sang bayi dengan bentuk mulut bundar atau O .. jadi kita lebih paham kalau bayinya sedang ngantuk.

HEH (Discomfort)
Bayi mengucapkan kata ini pasti dengan mimik yang berbeda dengan Neh .. jika kita memahami kata ini, maka buru2 buat sang bayi menjadi nyaman. Kalo ga .. bakal nangis kenceng2.

EIR (Lower gas)
Suaranya mirip orang menggumam atau grrrhhh .. gitu deh. Yang pasti kalau sang bayi sudah mengucapkan kata ini, buru2 deh posisinya diperbaiki.

EH (Burp)
Biasanya diucapkan kalau selesai mimik atau malah sedang kosong jadi masuk angin hehehe .. oya, untuk memahami bahasa bayi ini .. bisa lihat di DVD Bahasa Bayi karangan Priscilla Dunstan.
Semoga Bermanfaat... (frm/net)


Tags: ,

Sharing is sexy

Related posts

1 komentar for this post

  1. Anonim

    O-chan kayak udah punya bayi aja Lho koq tahu...?

Leave a Reply