Jangkrik Penganti Termometer

Tahukah anda bahwa anda dapat mengetahui suhu udara disekitar anda hanya dengan mendengarkan suara jangkrik ? Jadi ketika anda sedang berkemah dihutan dan lupa membawa termometer, maka cobalah untuk menghitung suara jangkrik.

Umumnya semua satwa berdarah dingin menjalankan fungsi tubuh mereka lebih cepat pada temperatur yang lebih tinggi. Bandingkan saja seberapa cepat jalannya semut antara cuaca dingin dan cuaca panas. Jangkrik juga demikian, ia menegeluarkan suara yang lebih cepat ketika suhu meningkat, tetapi untuk mengetahui tepatnya berapa derajat suhu sekitar jangkrik tersebut, kita harus menggunakan rumus.

Cara terbaik untuk mengukur suhu melalui suara jangkrik ialah dengan mendengarkan suara jangkrik asal Amerika Utara. Namun jika anda sedang tidak berada disana, anda bisa mendengarkan suara jangkrik mana saja karena mereka mempunyai irama atau ritme suara yang pada dasarnya sama. Hitunglah jumlah deriknya selama lima belas detik, kemudian tambahkan dengan empat puluh. Maka anda akan memperoleh angka temperatur pada saat itu dalam derajat Fahrenheit.

Cara mengukur temperatur dengan memanfaatkan derik seekor jangkrik.
Pertama, hitung jumlah deriknya selama kurang lebih lima belas detik, kemudian tambahkan jumlah derik tadi dengan empat puluh. Itulah angka temperatur dalam skala Fahrenheit. Kedua untuk satuan Celsius, dengan cara menghitung deriknya selama kurang lebih delapan detik, kemudian menambahkannya dengan angka lima.
Hal yang harus diperhatikan adalah, sang jangkrik selalu memberi tahu pengukuran temperaturnya di mana pun saat berderik, namun saat di luar ruangan. Jadi, temperatur yang ditunjukkannya kemungkinan berbeda dengan temperatur dalam kamar, ruang tamu, kecuali sedang berada di halaman atau kebun ketika sang jangkrik berderik
.

Tags:

Sharing is sexy

Related posts

0 komentar for this post

Leave a Reply