Ada Utang Baik Dan Utang Buruk Loh

Memang sulit untuk 100% terbebas dari utang. Tapi bila Anda terpaksa berutang, pilihlah utang yang baik agar hidup Anda tak merana.

Menurut Eric Gelb, CEO Gateway Financial Advisors dan penulis buku Getting Started in Asset Allocation, utang terbagi dalam dua jenis yaitu utang baik dan utang buruk. Lalu,apa yang membedakan keduanya?

UTANG BURUK
Yang masuk ke dalam jenis ini adalah berbagai utang yang sifatnya konsumtif. Misalnya:

Utang kartu kredit
Utang ini dianggap paling buruk karena mudah sekali didapat, tapi juga sarat' jebakan Batman'. Tinggal gesek, barang yang kita inginkan langsung terbeli. Namun, bunga tinggi yang diterapkan dan sistem pembayaran kita yang biasanya hanya minimum payment akan membuat utang membengkak sehingga memberatkan keuangan.

Pinjaman tanpa Agunan
Zaman yang kian modern telah melahirkan rentenir-rentenir gaya baru. Spanduk atau brosur bertuliskan bank atau suatu lembaga keuangan yang bisa memberikan pinjaman tanpa agunan dengan proses cepat dan mudah, mungkin sudah sering kali Anda lihat di jalan-jalan.
Jangan mudah tertipu, karena yang jenis ini pun termasuk utang buruk. Selain bunga yang ditawarkan sangat mencekik, ada syarat lain yang biasanya akan memberatkan di kemudian hari.

Simpan Pinjam
Anda tentu memiliki simpanan uang di tabungan berjangka atau asuransi untuk keperluan masa depan. Namun karena sedang butuh uang, dana tersebut Anda cairkan dengan niat akan dikembalikan segera.

Ini pun termasuk utang yang buruk. Mengapa, karena dana tersebut bukan diperuntukkan untuk kebutuhan jangka pendek, sehingga tidak disarankan untuk diutak-atik sebelum waktunya. Belum Anda pun bakal terkena penalti atas pencairan itu. Jika Anda butuh uang mendadak dan berniat mengembalikannya dengan cepat, lebih baik pinjam pada keluarga atau teman saja.

UTANG BAIK
Sedangkan yang masuk ke dalam jenis utang baik adalah pinjaman 'investasi' yang memberikan nilai tambah pada uang Anda. Misalnya :

KPR
Kependekan dari Kedit Pemilikan Rumah. Utang ini termasuk baik. Pasalnya harga rumah mahal dan cenderung naik terus. Dan untuk membeli rumah yang harganya luar biasa mahal itu, mau tak mau Anda memang harus meminjam uang ke bank dan membayar kembali dengan mencicil. Jangka waktu cicilan utang yang panjang pun (bisa mencapai 20 tahun) takkan membuat Anda rugi, karena harga rumah Anda akan terus bertambah dari tahun ke tahun.

Pinjaman Sekolah
Mengapa pinjaman ini dianggap utang baik? Karena pendidikan merupakan investasi. Dengan menambah ilmu dan keterampilan, Anda pasti berharap mendapatkan kenaikan pendapatan yang bisa menutup utang tersebut. Namun, pinjaman sekolah ini juga bisa menjadi utang buruk, jika ijazah baru Anda tidak dihargai oleh tempat Anda bekerja.

Pinjaman Usaha
Pinjaman ini menjadi utang yang sangat baik. Apalagi, jika usaha yang dikelola dengan pinjaman tersebut memberikan keuntungan besar yang tak hanya bisa membayar utang tapi juga bisa memperkaya diri Anda. Namun jika usaha merugi, pinjaman baik ini pun bisa berubah menjadi utang buruk. Di sinilah diperlukan kepiawaian Anda dalam memutar roda usaha.

Ini hanya pemikiran umum mengenai utang baik dan buruk bagi sebagian besar orang yang kurang terampil dalam mengelola keuangannya. Tidak selamanya daftar utang buruk yang terdaftar di atas pastilah buruk begitu juga sebaliknya. Semuanya tergantung bagaimana anda mengelola utang tersebut. Pastikan terlebih dahulu utang tersebut akan membuat anda semakin miskin atau kaya.

Tags: ,

Sharing is sexy

Related posts

5 komentar for this post

  1. Menarik juga nih artikel. Kalo boleh usul, bagaimana bila dibahas juga tentang utang yang berhubungan dengan riba. Nah, ini menarik nih buat dibicarain. Soalnya sedikit sentisif, tapi kami-kami ini butuh kejelasan.
    Ditunggu ya artikelnya.

    dari Eva
    my blog: http://www.indexarticles.com/

  2. @usul artikel
    tq atas sarannya.. mungkin dalam waktu dekat akan saya kumpulkan dulu artikel2 yang berhubungan dengan riba..

  3. Kalau saya sih lebih cocok membagi utang yang baik dan buruk dari sisi pengembaliannya. Utang baik adalah yang dikembalikan tepat pada waktunya. Artinya sudah ada perjanjian sebelumnya, deal.

    Utang yang buruk yang tidak dikembalikan sesuai perjanjian, tidak perlu direscheduling. Kartu kredit yang dikembalikan sebelum jatuh tempo saya golongkan pada utang yang baik. Pada dasarnya tidak ada yang rugi baik yang pinjam maupun pihak "bank" cuma ternyata "bank" lebih suka pengembalian hutang tersebut selalu jatuh tempo. Nah... lho..? ;;)

  4. Haloo All.. baru aj menpostingkan artikel tentang utang.. eh dapat kiriman dari Rich dad (R.Kiyokasi) an menbahas tentang topik yang baru kita bicarakan ini.. Good Debt and Bad Debt.
    sedikit tentang ulasannya: (translate.google.com) jadi sedikit kacau deh:

    Utang adalah alat yang menakjubkan. Memiliki kekuatan untuk membuat Anda kaya dan memiliki kekuatan untuk menghancurkan Anda secara finansial. Seperti alat, rahasia adalah mengetahui bagaimana menggunakannya dengan benar untuk mendapatkan hasil yang Anda inginkan. Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa ada dua jenis utang - utang lancar dan utang macet.

    Utang buruk adalah segala sesuatu yang anda beli itu tidak membantu meningkatkan aset Anda. Kami menyebutnya "barang-barang konsumsi (doodads)."

    Bila Anda menemukan diri Anda jauh di dalam sebuah lubang, Anda harus berhenti menggali. Dan itu berarti membatasi pengeluaran Anda - menghindari godaan untuk membeli barang-barang kecil seperti mesin pemotong rumput, sebuah mobil pribadi yang mewah atau sepatu olahraga yang mahal.

    Dengan memotong kembali barang-barang kecil, Anda akan meningkatkan persentase dari pendapatan yang Anda simpan. Ini penting untuk tidak menganggap ini sebagai langkah sementara. Jika Anda benar-benar ingin tinggal keluar dari utang dan menikmati keamanan, kenyamanan, atau kekayaan, Anda harus membuat pembelian aset daripada barang-barang kecil seumur hidup latihan. Setelah Anda membangun aset Anda yang memberikan penghasilan Anda, maka Anda akan memiliki uang tambahan yang Anda butuhkan untuk membeli sebanyak mungkin barang-barang kecil yang Anda inginkan.

  5. Chi

    klo boleh saya simpulkan; utang baik jika memang bermanfaat dalam jangka panjang, utang buruk jika hanya bermanfaat sesaat. (CMIIW)

    btw, saya sudah pasang link blog ini, klo boleh tukar link y.. ^_^

Leave a Reply